Beasiswa Lanjutan

BEASISWA LANJUTAN DARI MAGISTER KE DOKTORAL

A. Overview

Beasiswa Lanjutan adalah beasiswa yang diberikan kepada Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dan Beasiswa Presiden Republik Indonesia (BPRI) yang telah lulus dari program Magister untuk melanjutkan ke jenjang Doktoral melalui pembiayaan LPDP tanpa melalui proses seleksi secara reguler dan mengikuti Persiapan Keberangkatan (PK).

Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Komitmen LPDP tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan pendanaan dalam bentuk Beasiswa Lanjutan kepada Alumni Penerima BPI dan BPRI Program Magister LPDP untuk melanjutkan studi pada program di Perguruan Tinggi unggulan baik di dalam maupun di luar negeri bagi yang memenuhi kualifikasi LPDP.

Sasaran pendaftar Beasiswa Lanjutan adalah para dosen, peneliti, aparatur sipil negara, TNI, Polri, dan Profesional untuk penguatan institusi serta fresh graduate yang memiliki penelitian yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan pembangunan Indonesia.

B. Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan bagi pendaftar Beasiswa Lanjutan dijabarkan sebagai berikut:

  1. Pendaftar merupakan Alumni Penerima Beasiswa LPDP Program Magister.
  2. Tidak pernah melakukan pelanggaran terhadap Pedoman Beasiswa Pendidikan Indonesia, Pedoman Monitoring dan Evaluasi Beasiswa Pendidikan Indonesia, dan Perjanjian Beasiswa.
  3. Telah lulus (memiliki ijazah) dan melakukan lapor kelulusan di aplikasi Simonev.
  4. Telah kembali ke Indonesia.
  5. Program doktoral yang akan dipilih memiliki keterkaitan dengan program magister yang telah diambil.
  6. Memiliki Letter of Acceptance (LoA) unconditional yang berasal dari Perguruan Tinggi Tujuan LPDP.
  7. LoA Unconditional sebagaimana dimaksud pada angka 6, dapat berupa conditional apabila hanya mensyaratkan pembiayaan.
  8. Khusus Pendaftar yang mengambil program Integrated Doctoral telah memiliki surat ekspektasi kelulusan sebagai pengganti persyaratan ijazah dan surat keterangan dari supervisor bahwa pendaftar mengambil program Integrated Doctoral
  9. Memiliki IPK sekurang-kurangnya 3,25 atau konversi sesuai format IPK Indonesia.
  10. Pendaftar dengan Program Integrated Doctoral memiliki IPK semester 3 (tiga) sekurang-kuragnya 3,25.
  11. Pendaftar alumni BPI Program Magister Dalam Negeri yang bermaksud melanjutkan studi doktoral luar negeri wajib memiliki nilai IELTS/TOEFL atau sertifkat bahasa asing lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Doktoral tujuan Luar Negeri.
  12. Telah memiliki 1 (satu) jurnal internasional published atau accepted namun belum published bereputasi (Scopus, Thomson Reuters, atau Microsoft Academic Research) atau minimal memiliki 3 (tiga) paper prosiding seminar internasional terindeks di Scopus, Thompson Reuters, DOAJ, atau EBSCO sebagai penulis utama.
  13. Pendaftar dapat mengambil program doktoral yang terlebih dahulu harus mengambil program Master of Research atau Master of Philosophy dengan syarat total masa perkuliahan program Master of Research atau Master of Philosophy dan program doktoral tidak lebih dari 4 tahun.
  14. Dalam hal pelaksanaan program Master of Research atau Master of Philosophy pendaftar dinyatakan tidak mampu untuk meneruskan program doktoral, maka pendaftarwajib memberikan laporan ke LPDP dan bersedia menerima sanksi berupa penghentian dan/atau pengembalian dana yang sudah dibayarkan.

 

C. Perguruan Tinggi Tujuan/Penyelenggara Program

  1. Ketentuan Perguruan Tinggi tujuan dalam negeri sebagai berikut:
    1. Institusi yang terakreditasi A dengan program studinya terakreditasi A atau B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
    2. Institusi yang terakreditasi B dengan program studi hanya yang terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
  2. Perguruan Tinggi tujuan luar negeri sesuai dengan daftar yang telah ditentukan oleh LPDP.

 

D. Komponen Pembiayaan

    1. Biaya Pendidikan :
      1. Pendaftaran/ admission fee / registration fee (at cost);
      2. SPP/tuition fee (at cost); (tidak termasuk matrikulasi bahasa & non bahasa, semester pendek dan studi lapangan (field study));
      3. Non-SPP, yang dapat digunakan untuk tunjangan buku; penelitian tesis atau disertasi yang berbasis riset; seminar/konferensi/lomba yang bertaraf internasional; publikasi jurnal internasional; atau wisuda (paket, per tahun, akumulatif).
    2. Biaya Pendukung :
      1. Transportasi keberangkatan dan kepulangan studi dari asal domisili ke perguruan tinggi tujuan (satu kali, at cost);
      2. Asuransi kesehatan dasar (hanya untuk penerima beasiswa);
      3. Visa / resident permit (at cost: pilih salah satu);
      4. Hidup bulanan/living allowance (paket);
      5. Tunjangan keluarga/family allowance, (paket);
      6. Kedatangan/settlement allowance (paket) hanya bagi yang intake berjarak 6 bulan dari kelulusan atau bagi yang intake berjarak kurang dari 6 bulan namun mengalami pindah kota studi dari magister ke doktoral;
      7. Keadaan darurat/force majeure yang disetujui LPDP.

 

E. Waktu Pendaftaran dan Seleksi

Pendaftaran Beasiswa Lanjutan dibuka sepanjang tahun dengan tanggal pendaftaran dan seleksi sebagai berikut:

Periode Jadwal
Pendaftaran Penetapan Lulus Administrasi Seleksi Proposal Disertasi Pengumuman Hasil Seleksi Proposal Disertasi
I 17 – 25 Juli 2017 31 Juli 2017 1 – 30 Agustus 2017 31 Agustus 2017
II 1 – 10 September 2017 15 September 2017 18 September – 30 Oktober 2017 31 Oktober 2017
III 1 – 10 November 2017 15 November 2017 16 November – 20 Desember 2017 21 Desember 2017

 

Pendaftaran Beasiswa Lanjutan dilaksanakan secara online dengan mengirimkan keseluruhan berkas ke email indonesiascholarship@kemenkeu.go.id.

 

F. Tahapan Seleksi

  1. Pendaftaran

Pendaftar melengkapi semua dokumen persyaratan umum dan khusus sesuai dengan ketentuan LPDP dan mengirimkannya ke indonesiascholarship@kemenkeu.go.id dengan subject:

Beasiswa Lanjutan_Periode(1/2/3)_Nama Pendaftar_ (Dosen/Peneliti/ASN/TNI/Polri/Profesional/Fresh Graduate).

 

Adapun berikut berkas yang perlu dilengkapi:

  1. Persyaratan Umum
    1. Formulir offline pendaftaran Beasiswa Lanjutan.
    2. Ijazah magister atau surat keterangan lulus.
    3. Pendaftar dengan Program Integrated Doctoral dapat melampirkan surat ekspektasi kelulusan dan surat keterangan dari supervisor bahwa pendaftar program Integrated Doctoral.
    4. Salinan transkrip nilai sejak awal hingga akhir studi magister dengan nilai IPK minimal 3.25.
    5. Khusus pendaftar dari Magister Luar Negeri melampirkan salinan transkrip nilai yang telah dikonversi sesuai format IPK Indonesia.
    6. Research Outline (sesuai format LPDP).
    7. Biodata diri supervisor Doktoral.
    8. Kebijakan/renstra/blue print yang mendukung penelitian doktoral.
    9. Surat rekomendasi (sesuai format LPDP) dari supervisor magister yang merekomendasikan pendaftar untuk melanjutkan studi doktoral.
    10. Tiga buah esai berbahasa indonesia masing-masing 500 sampai 700 kata yang berjudul “Kontribusiku yang telah dilakukan bagi Indonesia saat studi dan lulus magister”, “Manfaat program doktoral bagi ilmu pengetahuan dan Indonesia”, dan “Rencana karier pasca studi doktoral”.
    11. Surat Pernyataan Pendaftar Beasiswa Lanjutan Magister ke Doktoral sesuai format terlampir.
    12. Screenshot bukti telah melakukan Lapor Kelulusan pada aplikasi monitoring dan evaluasi. Khusus Program Integrated Doctoral melaporkan perkembangan studi pada semester 3.
    13. Minimal satu jurnal internasional published bereputasi (Scopus, Thomson Reuters, atau Microsoft Academic Research) dengan melampirkan bukti URL serta artikel; atau satu jurnal internasional accepted namun belum published bereputasi (Scopus, Thomson Reuters, atau Microsoft Academic Research) dengan melampirkan bukti accepted serta artikel; atau memiliki minimal 3 (tiga) paper prosiding seminar internasional terindeks di Scopus, Thompson Reuters, DOAJ, atau EBSCO yang dibuktikan dengan melampirkan URL dan paper.
  2. Persyaratan Khusus
    1. Persyaratan khusus Pendaftar yang berasal dari Dosen yaitu :
      1. Surat Kepemilikan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) atau Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK);
      2. Surat rekomendasi dari fakultas/universitas tempat bekerja bahwa posisi kerja saat ini membutuhkan keahlian setingkat doktoral; dan
      3. Surat izin belajar yang ditanda-tangani dekan/rektor dan unit SDM yang menerangkan surat izin belajar akan diubah menjadi surat tugas belajar setelah pendaftar dinyatakan diterima dalam Seleksi Beasiswa Lanjutan.
    2. Persyaratan khusus pendaftar yang berasal dari Peneliti yaitu:
      1. Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Peneliti Fungsional yang ditanda-tangani fakultas/universitas untuk peneliti di universitas atau atasan tertinggi/ atasan satuan kerja di lembaga penelitian masing-masing untuk peneliti di non universitas;
      2. Surat rekomendasi dari fakultas/universitas/instansi tempat bekerja bahwa posisi kerja saat ini membutuhkan keahlian setingkat doktoral; dan
      3. Surat izin belajar yang ditanda-tangani pimpinan lembaga dan unit SDM yang menerangkan surat izin belajar akan diubah menjadi surat tugas belajar setelah pendaftar dinyatakan diterima dalam Seleksi Beasiswa Lanjutan.
    3. Persyaratan khususPendaftar yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu :
      1. Surat Keputusan pengangkatan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dari pimpinan lembaga;
      2. Surat keterangan yang ditanda-tangani pimpinan instansi yang menyatakan bahwa pendaftar ditugaskan melanjutkan studi doktoral untuk kepentingan instansi atau nasional; dan
      3. Surat izin belajar yang ditanda-tangani pimpinan lembaga dan unit SDM yang menerangkan surat izin belajar akan diubah menjadi surat tugas belajar setelah pendaftar dinyatakan diterima dalam Seleksi Beasiswa Lanjutan.
    4. Persyaratan khusus Pendaftar yang berasal dari TNI/Polri yaitu :
      1. Surat Keputusan pengangkatan sebagai TNI/Polri dari pimpinan lembaga;
      2. Surat keterangan yang ditanda-tangani pimpinan instansi yang menyatakan bahwa pendaftar ditugaskan melanjutkan studi doktoral untuk kepentingan instansi atau nasional; dan
      3. Surat izin belajar yang ditanda-tangani pimpinan lembaga dan unit SDM yang menerangkan surat izin belajar akan diubah menjadi surat tugas belajar setelah pendaftar dinyatakan diterima dalam Seleksi Beasiswa Lanjutan.
    5. Persyaratan khusus Pendaftar yang berasal dari Profesional yaitu :
      1. Suratketerangan pengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun yang ditanda-tangani pimpinan instansi;
      2. Surat keterangan yang ditanda-tangani pimpinan instansi yang menyatakan bahwa posisi kerja saat ini membutuhkan keahlian setingkat doktoral;
      3. Surat izin belajar yang ditanda-tangani pimpinan instansi dan unit SDM yang menerangkan surat izin belajar akan diubah menjadi surat tugas belajar setelah pendaftar dinyatakan diterima dalam Seleksi Beasiswa Lanjutan; dan
      4. Jika pekerjaan pendaftar tidak terikat dengan lembaga/instansi maka pendaftar cukup melampirkan surat keterangan pengalaman bekerja minimal 3 (tiga) tahun yang ditanda-tangani sendiri.

2. Seleksi Administrasi

Pendaftar yang diproses dalam tahap ini adalah yang telah mengirimkan berkas pendaftaran ke indonesiascholarship@kemenkeu.go.id sesuai batas waktu pendaftaran dan memenuhi standar monev LPDP. Pendaftar yang lulus seleksi administrasi maka berhak untuk mengikuti seleksi review research outline oleh reviewer LPDP. Pendaftar yang tidak lulus seleksi administrasi dapat mendaftar kembali pada periode berikutnya.

 

3.Seleksi Research Outline

Tiap satu research outline akan diseleksi oleh 3 (tiga) orang reviewer terpilih LPDP yang disesuaikan dengan program studi atau research interest masing-masing pendaftar.

 

4. Pengumuman Seleksi

Hasil seleksi Beasiswa Lanjutan akan diumumkan langsung ke alamat email masing-masing pendaftar yang ditercantum dalam formulir seleksi Beasiswa Lanjutan.

 

G. Pasca Kelulusan

  1. Pendaftar Beasiswa Lanjutan yang dinyatakan telah lulus Seleksi Proposal Disertasi dapat mengajukan permohonan Surat Jaminan Beasiswa (Letter of Guarantee) dan kontrak Beasiswa.
  2. Permohonan Surat Jaminan Beasiswa (Letter of Guarantee) dan kontrak Beasiswa diajukan ke email lpdp.dkp2@kemenkeu.go.id dengan melampirkan surat pengumuman kelulusan seleksi Beasiswa Lanjutan dan/atau letter of acceptance unconditioal.
  3. Pendaftar Beasiswa Lanjutan yang dinyatakan Lulus dengan Catatan maka belum dapat diterbitkan Surat Keputusan Penetapan Penerima Beasiswa Lanjutan hingga catatan dari LPDP dipenuhi sesuai dengan kurun waktu yang telah ditentukan.
  4. Apabila catatan telah dipenuhi maka pendaftar ditetapkansebagai Penerima Beasiswa Lanjutan dan dapat mengajukan permohonan Surat Jaminan Beasiswa (Letter of Guarantee) dan kontrak Beasiswa.
  5. Apabila catatan tidak dapat dipenuhi maka pendaftar dinyatakan gugur dan mendapatkan catatan khusus dari LPDP yang akan mempengaruhi proses seleksi saat ingin mendaftar Beasiswa Lanjutan kembali.
  6. Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi Beasiswa Lanjutan wajib untuk:
    1. Melakukan intake paling cepat 6 (enam) bulan setelah dikeluarkan surat pengumuman hasil seleksi Beasiswa Lanjutan kecuali bagi yang mengambil program integrated doctoral dapat melakukan intake secara langsung;
    2. Penerima Beasiswa Lanjutan yang mengambil program Integrated Doctoral setelah dinyatakan lulus dari program magister harus melampirkan ijazah, transkrip nilai, dan laporan kelulusan;
    3. Pendaftar yang dinyatakan lulus tidak mengganti tema penelitian, berpindah program studi dan/atau perguruan tinggi tujuan;
    4. Melaporkan perkembangan disertasi ke LPDP ditiap semester melalui aplikasi Simonev (Sistem Monitoring dan Evaluasi); dan
    5. Kewajiban memiliki publikasi jurnal internasional selambat-lambatnya pada tahun ketiga perkuliahan.

 

H. Kesempatan Mendaftar Beasiswa Lanjutan

Pendaftar yang dinyatakan tidak lulus seleksi Beasiswa Lanjutan diperkenankan untuk mendaftar kembali tanpa batasan tertentu dengan jeda 6 (enam) bulan sejak diterbitkannya surat pengumuman hasil seleksi Beasiswa Lanjutan.

 

I. Larangan dan Sanksi

  1. Pendaftar Beasiswa Lanjutan LPDP dilarang melakukan kejahatan dan/atau pelanggaran sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan pada saat proses pendaftaran dan/atau proses seleksi.
  2. Pendaftar Beasiswa Lanjutan LPDP yang melakukan kejahatan dan/atau pelanggaran sebagamana dimaksud pada ayat (1) akan diberikan sanksi tidak boleh melanjutkan proses seleksi serta dimasukkan dalam daftar hitam (blacklist) sebagai pendaftar LPDP.
  3. Pendaftar Beasiswa Lanjutan LPDP dilarang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi review research outline
  4. Pendaftar Beasiswa Lanjutan LPDP yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi review research outline dimasukkan dalam daftar hitam (blacklist) sebagai pendaftar LPDP.
  5. Ketentuan lebih lanjut mengenai larangan dan sanksi bagi Penerima Beasiswa LPDP diatur melalui Peraturan Direktur Utama tersendiri.

 

J. Keterangan Tambahan

Dalam ketentuan Beasiswa Lanjutan ini, yang dimaksud dengan:

  1. Dosen adalah orang yang bekerja sebagai dosen dan memiliki NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) atau NIDK (Nomor Induk Dosen Khusus).
  2. Peneliti adalah orang yang memiliki jabatan fungsional sebagai peneliti di universitas, LIPI, balitbang, dan lembaga sejenis yang diangkat melalui Surat Keputusan.
  3. Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah, diangkat oleh pejabat Pembina kepegawaian, diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan serta digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan.
  4. Profesional adalah orang yang memiliki skill, knowledge, dan attitude (kode etik) dalam menjalankan profesi tertentu dengan pengalaman kerja minimal tiga tahun.
  5. Fresh Graduate adalah orang yang baru lulus dari bangku perkuliahan atau belum memiliki pengalaman kerja minimal tiga tahun.
  6. Integrated Doctoral adalah pelaksanaan studi magister langsung ke doktoral tanpa jeda dengan ciri khas jurusan, universitas, dan tema penelitian sama dengan magister. Program Integrated Doctoral ini umumnya terjadi di negara Jepang.
  7. Panduan Beasiswa Lanjutan

Beasiswa Indonesia Timur

Unduh Panduan Pendaftaran Beasiswa afirmasi

Unduh Jadwal Pendaftaran dan Seleksi

Unduh Daftar Daerah Perbatasan dan/atau Tertinggal

Unduh Petunjuk Pendaftaran Online Beasiswa Afirmasi

Panduan Beasiswa Lanjutan