Awardee LPDP Selenggarakan Bakti Sosial di Griya Tipar Cakung

Pada hari Kamis, 1 Maret 2018, sekelompok awardee (penerima beasiswa) LPDP menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Griya Tipar Cakung. Kegiatan terseut merupakan salah satu rangkaian program Persiapan Keberangkatan (PK) bagi penerima beasiswa yang akan memulai perkuliahan.

Tria Amalia Ningsih, salah satu perwakilan awardee menyebutkan bahwa tujuan bakti sosial ini adalah untuk menyempurnakan ruang publik terpadu ramah anak di Griya Tipar Cakung. Oleh karena itu, target kegiata baksos tersebut bersifat menyeluruh. Para awardee dibagi menjadi lima kelompok dan menangani jobdesc yang berbeda-beda. Acara yang dihelat pun variatif, mulai dari berbenah perpustakaan, dustbin painting, penjualan baju dengan harga terjangkau, pengecatan ulang perpustakaan, dan Kelas Inspirasi. Karena Awardee PK-123 kebetulan memiliki 7 dokter profesional, maka mereka juga mengadakan penyuluhan kesehatan dengan topik seputar kesehatan untuk anak, orang tua, hingga himbauan untuk memprioritaskan pendidikan anak.

Acara baksos yang kongkret dan menyeluruh tersebut diterima oleh warga, terbukti dengan seluruh kursi di balai pertemuan yang terisi penuh hingga penyuluhan kesehatan terakhir dilakukan. Kegiatan penyuluhan ini diharapkan menumbuhkan kesadaran bagi orang tua untuk memberikan gizi dan perawatan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Penyuluhan ini juga bertujuan agar orangtua juga menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitarnya.

Untuk menjangkau seluruh golongan, Kelas Inspirasi diadakan untuk anak-anak penghuni Rusunawa yang berusia 6 – 12 tahun. Di kelas ini anggota PK-123 akan mengajak anak-anak untuk mengenal profesi yang mereka jalani. Harapannya, melalui kelas ini anak-anak akan mendapatkan inspirasi tentang jenis-jenis profesi baru yang dapat menginspirasi mereka untuk mengejar cita cita.

Bersamaan dengan dilaksanakannya Kelas Inspirasi, para awardee juga mengadakan pemugaran fasilitas Rusunawa. Fasilitas yang dipugar adalah area olahraga dan area bermain anak. Pemugaran kedua fasilitas ini dipilih karena kesadaran akan pentingnya kegiatan olahraga dan bermain bagi penghuni Rusunawa. Sesuai frase Mens Sana in Corpore Sano, fisik yang aktif akan menghasilkan pikiran yang sehat. Pemugaran ini diharapkan menimbulkan minat berkegiatan fisik bagi baik penghuni anak dan dewasa.

Untuk menyempurnakan fasilitas dan lingkungan Rusunawa Griya Tipar Cakung, para awardee melakukan dekorasi ulang area perpustakaan. Dengan merapikan area perpustakaan, menyusun ulang buku-buku yang sudah ada, dan menyumbangkan buku-buku baru, para awardee berharap dapat meningkatkan minat baca penghuni Rusunawa Griya Tipar.

Terakhir, tidak kalah penting juga adalah kegiatan tambahan yang meliputi pengadaan tempat sampah dan pembuatan majalah dinding. Dengan tambahan fasilitas ini, diharapkan Rusunawa Griya Tipar Cakung menjadi tempat tinggal yang bermartabat dan nyaman bagi seluruh penghuninya.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=-96om7DS9AM[/embedyt]