Inovasi di Bidang Transformasi Digital yang Oscar Ciptakan Memberi Kontribusi di Masa Pandemi

Di masa pandemi COVID-19, masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta banyak terbantu oleh sebuah platform digital yang mampu mendentifikasi jumlah pasien COVID-19 serta sebaran lokasi dan jarak keberadaan pasien dengan menggunakan kode pos dan gps.

Daniel Oscar Baskoro, alumni LPDP dari Columbia University, USA (Master of Science Technology Management) adalah sosok dibalik platform tersebut. Hal ini bermula pada 2013, Oscar bersama tiga rekannya di UGM membuat platform Health Circle untuk mengetahui persebaran penyakit menular yang ditransformasikan lewat peta secara real time. Berkat platform tersebut, Google mengundang mereka ke Amerika. COVID-19 yang semakin masif membuka hati Oscar untuk membantu masyarakat di daerahnya melakukan pencegahan melalui sebuah platform digital yang inklusif seperti yang ia kembangkan di tahun 2013. Oscar bekerja sama dengan Diskominfo DIY membentuk tim digital untuk Covid-19. Dan sejak 21 Maret 2020 platform https://sebaran-covid19.jogjaprov.go.id telah viral dan semakin banyak dimanfaatkan masyarakat dengan rata-rata perharinya sebanyak 100.000 kunjungan. Oscar juga terus aktif dan berkolaborasi melakukan riset lainnya bersama pemerintah daerah hingga pemerintah pusat untuk membantu pencegahan penyebaran COVID-19 dan juga analisis data untuk program tata kelola data bantuan sosial akibat COVID-19 di tingkat nasional.

Semenjak SD, Oscar sudah aktif bereksperimen dan menciptakan inovasi terkait teknologi untuk kemanusiaan. Saat SMP Oscar membuat platform ayosekolah untuk mengajak anak jalanan mau sekolah dan memperoleh penghargaan. Hingga kini, telah banyak inovasi buatan Oscar bersama dengan timnya yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti: sultengbergerak.com, Health Circle, Quick Disaster, Lacak Malaria, dan inovasi lainnya.

Banyak penghargaan tingkat internasional dan kontribusi Oscar di bidang inovasi transformasi digital lainnya, seperti:

1. Innovation Global Winner in London, UK by World Bank
2. Best Public Safety Innovator in Silicon Valley, United States
3. Champion Winner WSIS from ITU, Switzerland
4. Pemuda Hebat Republik Indonesia
5. The Winner of Data Science Competition by Columbia University and Facebook
6. 1st Winner Public Policy Dean Challenge by Columbia University, NASDAQ, and Lehman Foundation

Di samping itu pada 2013-2015 Oscar pernah menjadi Ambassador untuk Google wilayah Asia Tenggara. Oscar juga sempat menjabat Plt. Kepala Open Government Indonesia di Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, dan pada tahun 2015-2019 Oscar aktif di United Nations (PBB) yang berfokus pada tranformasi digital untuk pemerintah.

Dikarenakan masih banyak PR terkait tata kelola data di Indonesia, ke depan Oscar akan fokus di bidang analisis dan tata kelola data melalui sinergi dan kolaborasi dengan instansi pemerintah dan swasta.



Leave a Reply