Keahlian Epidemiologi dan Sistem Informasi Mendukung Dewi dalam Memimpin Teknis Pembangunan Sistem dan Integrasi Data Nasional untuk COVID-19.

Menjadi bagian tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 membuat Dewi harus berhadapan dengan banyak tantangan dan permasalahan. Dikarenakan kondisi darurat segala hal harus diselesaikan dengan cepat, tepat, dan akurat. Sebagai bagian dari tim pakar, Dewi diamanahkan utk memimpin teknis pembangunan sistem dan integrasi data Nasional dan awal Mei lalu meluncurkan aplikasi berbasis Gawai #BersatuLawanCovid.

Dewi Nur Aisyah merupakan penerima beasiswa LPDP program Beasiswa Presiden Republik Indonesia, alumni University College London – Inggris untuk program Ph.D. Infectious Disease Informatics. Beberapa pengalaman dan penghargaan yang sempat Dewi terima sebelumnya, antara lain menciptakan early warning system utk filariasis, menciptakan reminder otomatis pengingat minum obat pasien TB yang membawanya ke kompetisi tingkat Internasional, menciptakan alat diagnosis otomatis untuk mendeteksi mycobacterium tuberculosis bersama tim Garuda45 dan menjadi juara nasional.

Banyak pelajaran yang Dewi peroleh dalam kurun waktu tersebut dan membawanya berkontribusi menciptakan konsep dan struktur sistem informasi terintegrasi COVID-19 untuk Indonesia. Dewi berusaha mengenali akar masalah dan memahami keterbatasan infrastruktur untuk dapat bersinergi dengan kecepatan teknologi. Begitu banyak pengorbanan sekaligus pelajaran yang dipetik dalam mengemban amanah ini, dukungan keluarga yang kuat dan semangat untuk menebar manfaat menjadikan kekuatan Dewi untuk terus bertahan, bergerak, dan berjuang.



Leave a Reply