Kerja Sama Pendanaan dan Integrasi Data Penelitian dalam Rangka Research and Technology Scouting

Jakarta, 25 November 2019 – Kemandirian teknologi nasional adalah solusi bagi pertumbuhan dan kemandirian ekonomi Indonesia. Investasi signifikan dibidang penelitian dan pengembangan sangat dibutuhkan guna mewujudkannya. Untuk itu, LPDP akan mengungkit (leverages) nilai investasi penelitian dan pengembangan nasional.

Investasi yang akan dilakukan LPDP diutamakan bagi penelitian dan pengembangan yang menjadi prioritas nasional. Oleh karenanya, kolaborasi antara LPDP dan Kedeputian Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristek/BRIN sangat strategis. Dalam kolaborasi ini, LPDP akan memainkan perannya sebagai investor penelitian dan pengembangan. Sementara, Kedeputian Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristek/BRIN akan berperan sebagai research talent/technology scouting agency. Kolaborasi ini diharapkan menghasilkan  inovasi produk/teknologi nasional.

Bersama dengan Kedeputian Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristek/BRIN, LPDP berharap dapat terwujud sebuah platform sistem informasi penelitian yang terintegrasi. Selain sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas, data mengenai research talent/funding yang didanai harus dapat diakses oleh publik terutama komunitas peneliti sehingga mampu mengakselerasi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di sisi lain, data dimaksud diharapkan bertransformasi menjadi informasi yang bermanfaat bagi industri nasional untuk berinvestasi dalam rangka komersialisasi hasil penelitian melalui sebuah platform national research and technology hub.

Kemristek dan LPDP bersepakat untuk melakukan integrasi data bersama dalam proses seleksi pendanaan riset sehingga dapat dilakukan pendanaan multi sumber untuk satu program riset untuk menghindari duplikasi pendanaan.



Leave a Reply