Liputan Seleksi Berbasis Komputer LPDP Tahap I Tahun 2018

Pada tanggal 10-25 Juli 2018, LPDP menyelenggarakan Seleksi Berbasis Komputer (SBK) yang merupakan tahap ke-2 dari rangkaian seleksi beasiswa LPDP dan diikuti oleh pendaftar yang lolos seleksi administrasi. Sebagai komitmen untuk mengakomodasi dan memudahkan para pendaftar beasiswa di seluruh Indonesia, LPDP menyelenggarakan SBK di 19 titik yang tersebar dari Aceh sampai Papua dan berlangsung sejak tanggal 10 – 25 Juli 2018. Total peserta yang mengikuti SBK berjumlah 3.930 orang dari berbagai daerah di Indonesia.

SBK terdiri dari tiga jenis tes, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), soft competency, dan on the spot writing. Untuk menghindari kecurangan dalam proses seleksi, setiap peserta harus melalui proses verifikasi data, foto, dan pengecekan oleh metal detector sebelum memasuki ruangan seleksi. Penentuan lolos/tidak peserta berdasarkan hasil dari TPA, sementara soft competency dan on the spot writing akan dijadikan salah satu referensi interviewer pada saat tes wawancara (jika peserta lolos SBK). Adapun nilai dari SBK dapat langsung dilihat oleh peserta di setelah tes selesai. Penentuan kelulusan SBK berdasarkan gabungan antara passing grade dan kuota yang ditetapkan oleh LPDP.

Dalam penyelenggaraan SBK, LPDP bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk menjamin proses seleksi yang independen dan profesional. BKN sendiri merupakan badan yang memiliki keahlian dan pengalaman yang mumpuni dalam penyelenggaraan tes sejenis.

Salah satu peserta SBK dari Kabupaten Sorong, Reynold Kesaulija, memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan seleksi SBK yang menurutnya transparan dan kredibel. Reynold berharap pelaksanaan SBK ini dapat dipertahankan ke depannya.

 

Pada tahun 2018 LPDP menyelenggarakan 2 (dua) tahap seleksi, yaitu tahap I (mayoritas) untuk pendaftar kampus tujuan dalam negeri dan tahap II (mayoritas) untuk pendaftar kampus tujuan luar negeri. SBK yang berlangsung merupakan rangkaian seleksi LPDP tahap I. Pada saat ini LPDP juga sedang membuka pendaftaran untuk seleksi tahap II secara online melalui website www.lpdp.kemenkeu.go.id.



Leave a Reply