Pengaturan Layanan LPDP dalam Pencegahan Penyebaran COVID-19

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) telah dinyatakan oleh WHO sebagai kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD) / Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atas pertimbangan peningkatan kasus yang signifikan dari negara-negara yang melaporkan kasus. Saat ini di Indonesia telah terdapat beberapa kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/104/2020 tentang Penetapan lnfeksi Novel Coronavirus (lnfeksi 2019- ncov) sebagai Penyakit yang dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangannya, COVID-19 telah ditetapkan sebagai penyakit yang berpotensi wabah di Indonesia.

Sehubungan dengan hal dimaksud, perlu pengaturan pelaksanaan aktivitas layanan LPDP yang melibatkan orang banyak sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Diease 2019 (COVID-19). Pengaturan pelaksanaan layanan LPDP antara lain mencakup:

1. Layanan Customer Service Officer LPDP

Layanan informasi berupa kunjungan tatap muka customer service officer LPDP untuk sementara dialihkan seluruhnya ke call center layanan 24 jam  1500-652 dan www.crmlpdp.kemenkeu.go.id

2. Beasiswa

Pendaftaran dan seleksi beasiswa

Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa LPDP Tahun 2020 Tahap 1 yang sedianya akan dimulai pada bulan Maret 2020, ditetapkan untuk ditunda dan selanjutnya akan ditentukan kemudian.

Persiapan Keberangkatan

Pelaksanaan Persiapan Keberangkatan (PK) bagi penerima beasiswa yang telah dinyatakan lulus ditetapkan untuk ditunda dan selanjutnya akan ditentukan kemudian. Apabila terdapat calon penerima beasiswa yang belum mengikuti PK namun harus memulai studi segera, LPDP dapat mempertimbangkan pemrosesan persyaratan-persyaratan LPDP yang memungkinkan agar calon penerima beasiswa tersebut dapat memulai studi.

Pengayaan Bahasa

Pelaksanaan Pengayaan Bahasa (PB) bagi penerima beasiswa afirmasi menyesuaikan ketentuan penyelenggaraan kelas yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi tempat PB dilaksanakan. Bagi peserta PB Beasiswa Indonesia Timur (BIT) kelas GRE, setelah menyelesaikan program GRE dapat kembali ke daerah masing-masing dan program ekstensi akan disampaikan kemudian.

Pelaksanaan Studi bagi Penerima Beasiswa LPDP

memperhatikan dan mematuhi ketentuan mengenai penyelenggaraan perkuliahan yang telah ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi tujuan studi sehubungan dengan ditetapkannya wabah virus Corona sebagai pandemi global oleh WHO. (Kebijakan selengkapnya telah disampaikan pada seluruh calon dan penerima Beasiswa LPDP melalui email dan komunitas masing-masing)

3. Riset Inovatif Produktif

Riset-riset terdampak

Bagi riset yang pelaksanaanya terdampak dapat melakukan:
1. Penetapan keadaan kahar terkait pencegahan penyebaran Covid-19 oleh pimpinan lembaga riset atau yang lebih tinggi
2. Pemberitahuan secara tertulis ke LPDP mengenai riset-riset yang terdampak

Perpanjangan waktu perjanjian tanpa penambahan pendanaan dapat diberikan selama-lamanya 6 bulan

Riset menuju pendanaan tahun lanjutan

Penundaan penandatangan kontrak bagi riset yang menuju proses pendanaan tahun lanjutan denga memperhatikan kondisi terkini covid-19

Rispro Kompetisi

Pelaksanaan seleksi dan pengumuman Rispro Kompetisi batch 1 serta pembukaan Rispro Kompetisi batch 2 Tahun 2020 memperhatikan kondisi terkini covid-19

Rispro Invitasi dan Rispro Kolaborasi Internasional

Penutupan pendaftaran Rispro Invitasi dan Rispro Kolaborasi Internasional sesuai waktu yang diumumkan. Pelaksanaan seleksi dan pengumuman memperhatikan kondisi terkini covid-19

 

Kebijakan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai dengan terbitnya kebijakan/pernyataan lebih lanjut.

Jakarta, 18 Maret 2020.

 



Leave a Reply