Testimoni

Mendapatkan beasiswa LPDP jenjang PhD di luar negeri tak hanya menjadi jawaban dari doa dan ikhtiar saya untuk pencapaian akademik namun juga pembelajaran hidup secara keseluruhan. Tak hanya esensi dan penerapan bidang ilmu yg ditekuni namun juga kemandirian, nasionalisme, kedisiplinan, cross-cultural understanding, inovasi, dan motivasi untuk berbuat lebih demi negeri.

Pratiwi Wini Artati
Faculty of Education, Victoria University of Wellington

LPDP memberikan harapan baru untuk seluruh putra-putri negeri ini. Apapun latar kehidupan mereka, apapun kepayahan masa lalu mereka. Tiap anak di tanah Indonesia berhak memiliki pendidikan yang tinggi, untuk apa? Untuk kembali mendidik anak-anak di tiap jengkal pelosok negeri, di hari depan, meneruskan cita-cita bangsa melampaui milenia tak hingga.

Adi Sutakwa
Ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Gadjah Mada

Dulu S2 hanya sebatas mimpi, saat saya harus menahan keinginan untuk melanjutkan pendidikan karena ketiadaan biaya. Namun siapa sangka, ternyata akhirnya saya mendapatkan beasiswa LPDP, lembaga yang tidak menetapkan kemampuan akademik semata sebagai kriteria seleksinya. Terima kasih LPDP.

Rika Nuriana
Master of Education, Monash University

LPDP Telah menjadi Perpanjangan Tangan Negara untuk merangkul dan memberikan kesempatan pendidikan yang sama terhadap anak dari daerah 3T seperti saya. Terimakasih LPDP yang telah memberikan peluang kepada saya untuk mengenyam pendidikan ke jenjang Magister di salah satu Universitas ternama Indonesia. LPDP membuka gerbang mimpi yang bahkan sebelumnya tidak pernah saya pikirkan.

Atem
Magister Sosiologi, Universitas Padjadjaran

Kehadiran LPDP sangat berarti buat saya pribadi yang punya semangat tinggi melanjutkan studi namun memiliki keterbatasan finansial keluarga. LPDP memiliki peranan penting demi kemajuan SDM bangsa serta sebuah refleksi bahwa Indonesia bisa maju lewat pemikiran dan aksi para awardee untuk kembali membangun negeri tercinta. Terima Kasih LPDP.

Asriadi Sakka
Renewable Energy and Environment, Tokyo Institute of Technology

Menjadi awardee LPDP adalah kesempatan saya untuk mengembangkan diri dan memperoleh kepercayaan banyak pihak. LPDP memberikan support tidak hanya berupa finansial, namun juga kedisiplinan dan jiwa pantang menyerah. Saya percaya, melalui LPDP, masa depan Indonesia terjamin dengan hasil karya anak bangsa serta mampu memanfaatkan potensi orang-orang terbaiknya. LPDP tetaplah bersinergi!

Maghfirotul Amaniyah
Magister Bioteknologi, Institut Teknologi Bandung

LPDP adalah kenyataan dari mimpi-mimpi, LPDP adalah nikmat yang teramat disyukuri, dan LPDP adalah sebuah amanah dari negeri pertiwi. LPDP, bunga cempaka yang tak akan pernah layu dan mati.

Iis Purnamawati
Fitopatologi, Institut Pertanian Bogor

LPDP tidak hanya memberikan kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk studi di kampus-kampus terbaik dunia, namun hal ini juga sebuah proses untuk menyiapkan generasi masa depan bangsa yang berbasis pengetahuan.

Ibnu Budiman
Environmental Sciences, Wageningen University

Tak pernah terbayangkan anak yatim piatu seperti saya bisa mendapat kesempatan untuk menerima beasiswa LPDP dan tak pernah terbayangkan untuk bisa melanjutkan kuliah S-2 di kota pelajar. Sesuatu yang tak bisa saya ungkapkan saat ini, hanya ungkapan terimakasih Tuhan dan terimakasih LPDP.

Rita Sari Aronggear
Master Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Bagi saya, LPDP adalah salah satu program terbaik pemerintah, layaknya orang tua kandung yang berkorban finansial untuk anaknya agar bisa sukses dan berguna bagi masyarakat. Tugas saya dan awardee lain ke depan membantu adik-adik lain agar bisa bersekolah dan menjadi sukses juga.

Satu Cahaya Langit
Master of Computer Science, KTH Royal Institute of Technology

Bahwa memang perjuangan dan doa adalah senjata untuk melawan keterbatasan. Dan LPDP telah berhasil menemani saya melawan keterbatasan itu. Saya yang hanya seorang anak dari ayah yang berjualan bubur ayam, sekarang bisa mewujudkan mimpi kuliah di luar negeri. Untuk kalian, jangan pernah menyerah untuk melawan keterbatasan dan teruslah bermimpi!

Nur Puji Lestari
Master of Supply Chain Management, University of Groningen

Terimakasih kepada LPDP yang telah memberikan kami kesempatan untuk belajar dan berkarya. Siapapun dan apapun bidangnya, kita punya tanggung jawab yang sama. Dengan kerja keras, satu rasa, satu jiwa, satu tujuan, mari bersinergi membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Mirda Prisma Wijayanto
Magister Fisika, Institut Teknologi Bandung

Memperoleh pendidikan di salah satu kampus terkemuka dunia adalah kesempatan yang luar biasa. Bagi saya LPDP bukan hanya berperan mengelola dana pendidikan, akan tetapi juga mempertemukan saya dengan para awardee terpilih yang selalu siap membantu jika saya mengalami kesulitan baik saat menempuh studi maupun saat sudah menjadi Alumni.

Liya Susanti
Educational Studies, University of New South Wales

Manusia hidup di dunia dituntut untuk menuntut ilmu sepanjang hayat hingga liang lahad. LPDP itu merupakan salah satu kendaraan terbaik yang telah mengantar saya ke fase kewajiban menuntut ilmu. Tidak hanya itu LPDP adalah perantara rizki dari Allah SWT untuk saya. Semoga LPDP terus eksis dan semakin banyak bangsa Indonesia yang mendapatkanya.

Abdul Karim
Pengkajian Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Membuka mata, membuka wawasan, membuka peluang, dan membuka hati. Beasiswa LPDP telah membuka jalan saya untuk dapat menempa diri dan melakukan penelitian sesuai dengan minat penelitian dan kebutuhan Indonesia. Semoga dengan adanya beasiswa LPDP, Indonesia dapat menjadi negara yang maju secara teknologi dan sains.

Sujatmoko
Master of Biomedical Science, The University of Melbourne

LPDP bagai untaian cahaya di tengah kegelapan, yang dengannya mimpi dan harapan ribuan anak desa seperti saya untuk kuliah di kampus-kampus terbaik dalam dan luar negeri menjadi nyata. Sungguh nikmat yang luar biasa ditakdirkan menjadi bagian dari keluarga besar penerima beasiswa LPDP. Jayalah selalu LPDP! Indonesia, aku pasti mengabdi!

Luluk Ulfa Hasanah
Magister Linguistik Terapan, Universitas Negeri Jakarta

Sebelum melamar Beasiswa LPDP di bulan Mei 2015 lalu, saya sempat meragukan kinerja LPDP karena LPDP baru berusia dua tahun. Namun setelah saya diterima dan resmi menjadi awardee, ternyata pelayanannya sangat profesional. Menurut saya pribadi, LPDP adalah salah satu sponsor beasiswa dari dalam negeri yang patut dicoba oleh generasi muda Indonesia.

Felix Degei
Master of Education , University of Adelaide

Jika pendidikan tinggi hanya untuk mereka yg berduit, mungkin saya tidak akan pernah berada ditahap ini. Bagi seorang anak desa yg pengasilan orangtuanya tidak seberapa, melanjutkan studi S2 adalah hal yg sulit karena keterbatasan biaya. LPDP telah menjadi jembatan bagiku untuk melanjutkan pendidikan. Terima kasih LPDP, LPDP jaya!

Dian Ekawati
Pendidikan Sejarah, Universitas Sebelas Maret

Beasiswa LPDP memacu semangat saya untuk melanjutkan studi. Saya bangga bisa melanjutkan kuliah di salah satu perguruan tinggi ternama di indonesia dengan bantuan beasiswa dari LPDP. Sebelumnya tidak pernah terbayangkan oleh saya untuk dapat studi S2 karena keterbatasan ekonomi keluarga.

Abd. Rahman
Magister Media dan Komunikasi, Universitas Airlangga

LPDP bukan hanya memberikan saya kesempatan untuk menempuh studi akademik lanjutan, namun juga kesempatan untuk melihat dunia dan mengembangkan diri saya seutuhnya. LPDP senantiasa menginspirasi saya untuk memantapkan tekad mengabdikan diri seutuhnya demi kemajuan ilmu pengetahuan Kedokteran di Indonesia.

Fathimah Sulistyowati
Clinical Research in Diabetes and Obesity, Imperial College London

Saya menjadikan manajemen LPDP sebagai rujukan tata kelola organisasi di Indonesia. Sistem yang dikembangkan di LPDP membuat kami bisa fokus belajar tanpa harus resah memikirkan hal-hal teknis berkaitan dengan beasiswa. Sistem pencairan beasiswa berjalan transparan dan cepat. Permasalahan-permasalahan teknis yang muncul dapat dikomunikasikan dengan pihak manajement dan terselesaikan secara cepat dan tuntas.

Moch Syarif Romadhon
Atmospheric, Oceanic and Planetary Physics, University of Oxford

Berasal dari daerah 3T tidak menyurutkan niatku untuk terus belajar dan mewujudkan mimpi besar menjadi seorang pendidik. Melalui Beasiswa LPDP, seluruh anak bangsa di berbagai penjuru negeri ini bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri. Terima kasih! LPDP Jaya!

Evan Sapentri
Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, Universitas Gadjah Mada

Menjadi awardee LPDP adalah hal yang paling membanggakan bagi saya. Saya dapat membuktikan bahwa masalah ekonomi bukan penghalang untuk bisa melanjutkan studi. Selain itu, tidak hanya untuk kegiatan akademik saja, banyak sekali kegiatan sosial dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang di dapat disini. Berkumpul bersama orang-orang yang punya misi sama untuk pengabdian kepada bangsa benar-benar suatu anugerah. Saya tak akan pernah bosan bilang LPDP adalah yang terbaik.

Vannyora Okditazeini
Magister Komunikasi , Universitas Indonesia

Saya merasa LPDP memiliki komitmen dan profesionalitas untuk selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. LPDP tidak hanya memberikan beasiswa pendidikan, tetapi juga pembinaan karakter dan pengembangan diri. Bagi saya LPDP adalah oase bagi putera-puteri Indonesia dari berbagai daerah dan latar belakang untuk mendapatkan kesempatan pendidikan yang lebih tinggi.

Tubagus Rizky Dharmawan
Master of Science, Embedded Systems, Technische Universiteit Delft

LPDP mewujudkan mimpi saya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang master di Universitas yang ada diluar negeri. Sebelum menjadi awardee LPDP saya sempat mengubur keinginan saya untuk melanjutkan sekolah ke Inggris karena mahalnya biaya pendidikan serta biaya hidup sehari-hari disana. Terima kasih kepada LPDP dan seluruh rakyat Indonesia atas kesempatan yang diberikan.

Sufiani Dartunis Luan
MA International Relations, University of Birmingham United Kingdom

Menjadi awardee LPDP ibarat membeli satu menu paket makanan yang lengkap. Mengapa? Karena selain mendapatkan kesempatan emas untuk melanjutkan pendidikan, kita juga mendapatkan jaringan komunitas yang luas, persaudaraan sesama awardee yang erat, dan kesempatan lebar untuk mengabdi untuk Indonesia. Jaya selalu, LPDP!

Jonathan Saputra
Magister Matematika , Institut Teknologi Bandung

Ketika ada suara-suara sumbang di luar sana yang ingin memecah belah Indonesia dengan mengangkat isu-isu SARA, justru dengan menjadi bagian keluarga besar LPDP saya malah yakin bahwa bangsa ini akan tetap bersatu padu. LPDP tidak hanya memberikan saya kesempatan untuk mengecap pendidikan di salah satu kampus terbaik di dunia, tetapi turut pula mengisi hati dan jiwa saya dan kian dalam memupuk nasionalisme saya. Di LPDP, kami berasal dari berbagai macam agama, suku, ras, dan golongan, dan kami percaya kami selalu bisa bersinergi, untuk lembaga ini dan untuk bangsa tercinta ini.

Naldo Helmys
MSc International Relations, University of Glasgow

Bagi saya LPDP telah mengulurkan tangan dan berkata “Kami tidak hanya mencari orang pintar, tetapi orang yang peduli pada Negeri ini.” Saya menjawab, “Biarkan saya mengabdi.” Melalui jalur afirmasi miskin berprestasi saya bisa menikmati kuliah di jenjang S2, dengan latar belakang perguruan tinggi yang belum populer, bahkan didaerah saya.

Bulan Nuri
Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta

Bagi saya, meraih beasiswa LPDP bukan hanya pencapaian besar, namun lebih dari itu, ini adalah janji untuk bersinergi dan mengabdi untuk menjadikan bangsa Indonesia semakin berkibar dan kompetitif di tingkat global. LPDP mempersiapkan para Awardee untuk menjawab tantangan zaman sambil tak lupa untuk tetap cinta tanah air. Terima kasih, LPDP.

William Joe
Master of Strategic Communication , University of Western Australia

Semua orang tentu punya keinginan, harapan dan impian. Seperti halnya saya yang berkeinginan untuk melanjutkan studi S2 pada bidang Pendidikan Khusus. LPDP telah menjadi salah satu jalan yang ditunjukkan oleh Sang Khalik, untuk mewujudkan mimpi itu. Saya bangga menjadi salah satu penerima beasiswa LPDP, dan siap mengabdikan diri untuk negeri terutama untuk kesejahteraan anak berkebutuhan khusus.

Syari Yuliana
Magister Pendidikan Khusus, Universitas Pendidikan Indonesia

Mendapat kesempatan Kuliah di Amerika adalah impian saya. Sebagai anak Papua, rasanya itu mustahil apalagi untuk jenjang S3. Namun LPDP telah menjadi “tool” untuk mewujudkan impian saya dan menunjukkan “the real equity and social justice in practice.”

Rini S.M.
Doctor of Education, California State University

Biaya kuliah S2 itu berat, kamu gak akan kuat, pakai LPDP saja. Why? Karena LPDP adalah Beasiswa Terbaik, Terkeren, Terbooming jaman now yang pernah saya terima. Bagi saya beasiswa LPDP adalah beasiswa terbaik Bangsa yang manajemen dan pelayanannya sangat profesional. Menjadi awardee LPDP adalah anugerah terindah dalam hidup saya. Terima kasih LPDP telah menjadi jembatan mulia anak Bangsa dalam mewujudkan cita-cita.

Ari Yuneldi
Magister Fisika, Institut Teknologi Bandung

LPDP adalah ibarat malaikat yang menolong yang tidak mampu. Begitulah yang terjadi dalam hidupku. Saya tidak yakin dapat melanjutkan studi karena terkendala biaya, tetapi lpdp hadir bagi saya khusus yang ingin melanjut kuliah. LPDP mengajarkan bahwa pemenang bukannya tak pernah gagal, tetapi tak pernah menyerah. Terimakasih LPDP.

Sutarjo
Magister Hukum, Universitas Padjadjaran

Visi Misi LPDP lah yang membuat saya memasukan LPDP sebagai list teratas dalam pencarian beasiswa. Berkumpul dengan para pemuda-pemudi yang mempunyai Visi Misi untuk memajukan bangsa Indonesia membuat saya semakin bersyukur menjadi bagian keluarga dari beasiswa ini. Terima kasih LPDP yang telah mewujudkan harapan warga negara Indonesia untuk mendapatkan akses pendidikan yang terbaik. LPDP Jaya!

Eka Novia Endriany
Master Plant Science, Natural Resource Management, Wageningen University

LPDP memberikan saya kesempatan yang saya sendiri tidak menyangka akan mendapatkan kesempatan itu. Dan Alhamdulillah diberi kepercayaan untuk melanjutkan pendidikan S2, yang merupakan salah satu impian dan harapan terbesar saya dan tentunya orang tua saya agar dapat terus belajar dan belajar untuk dapat meraih kesuksesan yang sesungguhnya dan kembali bersama LPDP bersinergi membangun Indonesia.

Annisa Dwi Damayanti
Teknologi dan Manajemen Lingkungan, Institut Teknologi Bandung

Kerap dianggap dari kelompok minoritas, saya senang sekaligus bangga menjadi bukti nyata bagaimana LPDP menerapkan standar yang tinggi, profesional, dan tidak diskriminatif dalam memberikan beasiswa kepada anak bangsa. Profesionalitas LPDP juga tercermin melalui komitmennya mengadministrasikan seluruh komponen beasiswa secara tepat waktu. Sulit bagi lembaga beasiswa lain untuk menyaingi profesionalitas LPDP.

Karel Karsten Himawan
Ph.D Psikologi, University of Queensland

Faktor biaya seringkali menjadi penghalang bagi dokter melanjutkan pendidikan, mengingat waktu pendidikan yang lama dan besarnya biaya hidup. LPDP menjadi secercah cahaya bagi seluruh insan dokter yang berkeinginan menjalani pendidikan program spesialis untuk mengabdi pada Indonesia. Dengan memberi beasiswa penuh pada pogram pendidikan spesialis, LPDP pada akhirnya membantu mencetak insan dokter yang tidak materialistis dan terfokus untuk mengabdikan diri untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia

IB Komang Arjawa
Program Pendidikan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Universitas Sebelas Maret

Alhamdulillah setelah penantian dan usaha selama 6 tahun, berkali-kali mencoba mendaftar beasiswa, ikut les persiapan IELTS setelah pulang kerja, dan ambil IELTS selama 7 kali, Allah membayar perjuangan saya melalui beasiswa LPDP ini. Karena LPDP “membeli” mimpi saya ini, rasa optimisme dan kepercayaan diri saya kembali ada. Terima kasih LPDP!

Rima Yuwana Yustikaningrum
Human Rights Law, University of Aberdeen

Kita amat terbantu dengan adanya LPDP. Pelayanannya profesional dan solutif tanpa prosedur yang menyulitkan. Semoga LPDP dapat terus menjadi perpanjangan tangan bagi generasi muda yang ingin memperbaiki nasib bangsanya.

R.M. Ghamal Satya Mohammad
Colonial & Global History, Leiden University

Dulu rasanya tak terbayang, saya yang hanya anak buruh tani bisa kuliah sampai S2. Alhamdulillah melalui beasiswa afirmasi LPDP menjadi bukti bahwa keterbatasan ekonomi bukanlah penghalang meraih mimpi. Tekad dan kerja keras serta kemauan untuk terus belajar insya Allah akan terus dijunjung untuk bisa mengabdi kepada negeri. LPDP Jaya!

Keryanti
Magister Teknik Kimia, Institut Teknologi Bandung

Dengan beasiswa afirmasi jalur prestasi yang diperoleh, saya bersyukur bisa kuliah S2 di universitas yang menjadi pusat studi pascasarjana dan penelitian kemaritiman kelas dunia. Selain itu, saya juga bisa memiliki pergaulan dengan teman-teman seangkatan dari 47 negara di dunia. LPDP juga memberikan dana bantuan seminar internasional sehingga saya sangat terbantu untuk keberangkatan sebagai pemakalah oral seminar kelautan di Kanada. Terima kasih LPDP.

Kaisar Akhir
Master of Science in Maritime Affairs, specializing in Ocean Sustainability, Governance and Management, World Maritime University

Beasiswa LPDP adalah beasiswa terseksi Indonesia yang merupakan kesempatan emas bagi semua untuk mengejar mimpi melanjutkan pendidikan tinggi di dalam dan luar negeri. Belum lagi kesempatan untuk mengenal putra/putri Indonesia hebat lainnya di keluarga Mata Garuda. Sungguh suatu kebanggan menjadi salah satu Awardee LPDP. Terima kasih LPDP

Anesia Noviliza
MA Globalizing Education: Policy and Practice, The University of Sheffield

Pendidikan adalah hak setiap warga negara indonesia, dan saya sangat bersyukur dengan beasiswa LPDP saya mendapatkan hak itu. Terimakasih LPDP.

Teten Tendiyanto
Magister Hukum, Universitas Gadjah Mada

Terima kasih LPDP dan rakyat Indonesia karena telah mewujudkan cita-cita ribuan putra dan putri Indonesia, termasuk saya, untuk menuntut ilmu hingga ke jenjang tertinggi di kampus-kampus terbaik di seluruh dunia. Sekolah tinggi kini bukan lagi mimpi bagi mereka yang berani berjuang!

Vira Agustina
Political Science, Universität Bremen

Awalnya saya mengira LPDP hanya untuk mereka yang memiliki IPK tinggi dan aktivis organisasi. Namun ternyata memang sesuai jargonnya, LPDP untuk semua. Semua yang mau berusaha dan yakin dengan mimpi mereka. LPDP akan memberi perubahan bagi bangsa karena berhasil membangkitkan kembali mimpi dan harapan ribuan generasi muda.

Rochman Hadi Mustofa
Magister Pendidikan Ekonomi, Universitas Sebelas Maret

LPDP membuktikan bahwa Putra/i Indonesia pantas untuk bersaing dalam kancah Nasional maupun Internasional. Lewat beasiswa LPDP, kami diberi tanggungjawab untuk membangun Indonesia lebih baik lagi kedepannya. Maju terus LPDP, tingkatkan kualitas bangsa kita bersama. Hidup mengabdi pada Indonesia!!!

Periskila Dina Kali Kulla
Magister Biologi, Universitas Gadjah Mada

LPDP laksana mata air pelepas dahaga para penuntut ilmu yang ingin menjelajahi samudera ilmu yang luas dan tersebar di berbagai penjuru dunia. Berkat dukungan moril dan materiil dari LPDP-lah, saya kembali berani untuk mewujudkan mimpi melanjutkan studi di LN, serta turut membawa harum nama Indonesia di tempat saya menimba ilmu.

Bazari Azhar Azizi
MSc Islamic Finance, Durham University

Saya bersyukur mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan kuliah dengan beasiswa LPDP. Selama menjalani studi, saya memperoleh begitu banyak hal baru baik di bagian sosial dan pendidikan pastinya. Melalui studi saya, saya telah mempu memanfaatkan teknologi dalam dunia pendidikan dengan merakit beberapatechnology-enhanced learning platform untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Indonesia, aku pasti mengabdi.

Hayatur Rahmi
M.Sc. Learning, Technology and Society, University of Bristol

Bermimpilah meski kalian tahu itu mustahil, karena impian adalah salah satu wujud doa darimu. Keterbatasan ekonomi bukanlah hambatan dalam menuntut ilmu. Tuhan mengabulkan impian saya untuk bisa Kuliah S2 melalui beasiswa LPDP Affirmasi Alumni Bidik Misi ini. Maka nikmat Tuhan manakah yang kita ingin dustakan?

Rois Syarif Qoidhul Haq
Magister Teknologi Perikanan Laut, Institut Pertanian Bogor

Fasilitas yang dimiliki oleh LPDP menunjukkan profesionalitas yang tinggi dalam hal pelayanan dan integritas. Contohnya, saya tidak pernah mengalami kesulitan perihal pencairan dana tunjangan hidup, bantuan seminar, bahkan penggantian uang aplikasi visa. Terlebih lagi, saya bangga bisa menjadi bagian dari keluarga LPDP yang memiliki jejaring luas, tersebar di berbagai negara, dan berasal dari berbagai lintas bidang studi. Semoga saya dapat mengabdikan ilmu saya demi kemajuan bangsa.

Karlina Denistia
Quantitative Linguistik, Eberhard Karls Universitaet Tuebingen

Menjadi salah satu dari ribuan penerima beasiswa LPDP, merupakan rahmat terindah dan akan melengkapi perjalanan mimpi saya menjadi kenyataan. LPDP bagi saya, tidak hanya soal beasiswa namun lebih pada bagaimana membangun integritas, profesionalisme, dan sinergi, serta melayani dengan sepenuh hati. Jujur, suatu kebanggaan menjadi bagian dari komunitas LPDP. Bravo LPDP.

Victor Rumere
Program Doktoral Ilmu Ekonomi, Universitas Gadjah Mada

Di tengah permasalahan nasional dan global, LPDP hadir dengan penyelesaian yang fundamental. Bukan memberi ikan atau sekadar memberi kail, tapi bagi saya LPDP ada untuk mencipta pembuat kail. LPDP merangkul kami semua dari seluruh penjuru nusantara agar kelak mampu menjadi pembangun titik temu dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika.

Muhammad Rahmad Royan
Master of Science in Aquaculture Biology, Universitetet i Bergen, Norway

Kita tidak akan pernah tahu apa yang ada di balik sebuah pintu tanpa kita mencoba membukanya. Keberanian membuka pintu itu dan dukungan dari LPDP membuat kami, putera-puteri Indonesia dapat menggapai mimpi kami. Terima kasih LPDP, kami dapat berkarya untuk negeri. Semoga selalu memberikan layanan yang terbaik, berintegritas, profesional, sinergi, dan sempurna.

Eka Lutfiyatun
Pendidikan Bahasa Arab, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Memperoleh beasiswa LPDP merupakan hal yang paling membahagiakan bagi saya. Setahun studi di Inggris, tidak hanya ilmu akademik saja yang saya dapatkan, melainkan juga pengalaman hidup di negeri orang dan membawa nama Indonesia. Kini,saya berkarya di sebuah sekolah untuk dapat berkontribusi mengakselerasi visi Indonesia Emas 2045. Terima kasih LPDP.

Hari Prasetyo
Master in Globalising Education: Policy and Practice, University of Sheffield

LPDP telah membantu mewujudkan mimpi ribuan anak bangsa. Sebagai anak daerah yang memiliki keterbatasan biaya akhirnya saya mampu melanjutkan sekolah ke jenjang S2 berkat LPDP. Dengan pengelolaan kelembagaan yang sangat baik, penerima beasiswa tidak khawatir dan meraskan kenyamanan dalam penyaluran fasilitas yang didapatkan. Terimakasih LPDP.

Herfita R. H. Gurning
Magister Ekonomika Pembangunan, Universitas Gadjah Mada

Konflik berkepanjangan membuat saya putus asa untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. LPDP-RI hadir dan membuat saya yakin bahwa semua putera-puteri bangsa Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang layak. LPDP membawa saya untuk dapat melihat dunia pendidikan secara luas, membangun kepemimpinan dan networking, serta menyadarkan urgensi abdi negara.

Diniya
Magister Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Indonesia

Pembiayaan yang komprehensif dan pelayanan yang profesional, LPDP telah membuka gerbang untuk ribuan pemuda/i Indonesia menyelesaikan pendidikan di universitas-universitas terbaik dunia. Inisiatif program untuk alumni pun menunjang transisi penerima beasiswa ke dunia kerja. Berharap semua alumni bisa berkontribusi kembali untuk masyarakat lewat pengabdian di bidang masing-masing.”

Biondi Sanda Sima
International Economic Policy and Diplomacy, SciencesPo

Indonesia saat ini adalah negeri yang punya masa depan cerah, segalanya terang benderang. Saya percaya LPDP dan para awardee akan menjadi salah satu tonggak pembangunan yang cemerlang dan lebih baik bagi Indonesia di masa mendatang. LPDP jaya, bergema, bermakna untuk bangsa!

Ryan Saputra Alam
Magister Manajemen, Universitas Indonesia

LPDP tidak hanya mampu untuk melahirkan pemimpin harapan bangsa, namun lebih dari itu, mampu membuka mata dunia bahwa Indonesia masa depan layak untuk diperhitungkan dalam jejaring kerjasama riset dan teknologi. Sangat bangga dan bersyukur bisa menjadi bagian dalam keluarga besar LPDP!

Ledhyane Ika Harlyan
PhD candidate of Graduate School of Fisheries Science, Hokkaido University

LPDP bukan hanya lembaga visioner namun juga lembaga yang dapat menjadi teladan dan inspirasi bahwa transformasi individual dan organisasi di Indonesia menuju lebih baik adalah mungkin dan dapat diraih melalui integritas, nilai-nilai altruisme, dan nasionalisme yang saya rasa telah menjadi DNA dari LPDP.

Nanda L Prasetya
MMSc-Medical Education, Harvard Medical School

Sebelum lulus S1, saya selalu berkeinginan untuk dapat melanjutkan studi S2 tanpa harus memberatkan orang tua. Melalui bantuan beasiswa LPDP, saya bersyukur dapat mewujudkan keinginan itu. LPDP juga mengajarkan saya untuk berusaha lebih keras dan mengabdi kepada negeri sebagai wujud rasa cinta terhadap tanah air. Terimakasih LPDP.

Rohana Dwi Kartikawati
Pendidikan Agama Islam, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

LPDP seperti malaikat yang membuka pintu kehidupan bagi saya dan keluarga. Saya yang berasal dari keluarga tani dan miskin, serta berasal dari daerah terpencil di Kalimantan Barat kemudian mendapatkan akses pendidikan tinggi berkat LPDP. Ilmu dan pengalaman saya selama studi akan saya abdikan kepada negeri tercinta. Terima kasih LPDP yang sangat berjasa dalam hidup saya.

Nikodemus Niko
Magister Sosiologi, Universitas Padjadjaran

Terima kasih LPDP yang membuat saya bisa belajar di Kampus Terbaik di Taiwan! Saya belajar aplikasi nyata dari simulasi sistem tenaga dengan berbagai Industri di Taiwan, terlebih dengan bonus mempelajari bahasa Mandarin. Pengalaman yang sungguh challenging dan menyenangkan!

Happy Aprillia
Electrical Engineering, National Cheng Kung University

LPDP memberikanku kesempatan untuk mengarungi cakrawala ilmu yang lebih luas dan menghantarkanku menuju ujung dunia di mana dulu hanyalah sebuah mimpi gadis desa. Terimakasih LPDP.

Annis Fatmawati
Plant Science, McGill University

10 tahun sebelum mengenal LPDP, saya memiliki mimpi untuk kuliah di Universitas Negeri Malang Prodi PGSD. Tahun 2016 LPDP hadir mewujudkan mimpi saya. Lewat pengabdian daerah 3T (terdepan, terluar, & tertinggal) di Papua dan prestasi akademik kampus, saya melangkah untuk menjadi kebanggaan ibu pertiwi. Terima kasih LPDP! LPDP tetap di hati selamanya.

Rafifuddin
Master Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas, Universitas Negeri Malang

LPDP telah mewujudkan mimpi ribuan anak-anak desa seperti saya untuk kuliah diuniversitas terbaik dalam dan luar negeri. Bagi saya beasiswa LPDP khususnya program Afirmasi 3T adalah wujud nyata dari Nawacita Pemerintah yaitu membangun Indonesia dari pinggiran. Jayalah LPDP, Aku Pasti Mengabdi.

Hendri Yawan
Master of Education in Expert Teaching Practice, Monash University

Kepercayaan yang diberikan LPDP lewat memilih saya menjadi salah satu awardee-nya mewujudkan mimpi dan harapan saya. Besarnya kepercayaan yang diberikan hanya bisa dibalas dengan pengabdian yang tak putus kepada negara, salah satunya dengan berusaha memberikan yang terbaik selama studi dan kembali untuk bersama membangun negeri dengan putra-putri terbaik bangsa lainnya.

Namira Daufina
MA New Media, University of Leeds

Awalnya saya pikir lembaga pendidikan formal akan sedikit enggan memberikan bantuan dana belajar untuk jurusan-jurusan yang berhubungan dengan kesenian. Namun ternyata itu hanya mitos belaka. LPDP memberikan saya kesempatan untuk mengembangkan minat saya dalam dunia seni dan kemudian mengeksplorasinya untuk aplikasi dalam pendidikan. Semoga makin banyak awardee LPDP dari bidang seni.

Agnisa Wisesa
MA Artist Teacher and Contemporary Practice, Goldsmiths University of London

LPDP telah memberikan kesempatan bagi saya untuk menerjemahkan passion di dalam pembangunan berkelanjutan menjadi profesi dalam memajukan Indonesia. Dengan bantuan yang telah diberikan, saat ini saya dapat mengabdi kepada bangsa dengan menjadi Youth Adviser on Sustainable Development Goals Implementation in Indonesia di Perserikatan Bangsa-bangsa. Terima kasih, LPDP!

Angga D. Martha
Master of Arts in Law and Diplomacy, The Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University

Di tengah-tengah pesimisme saya sebagai anak daerah untuk lanjut studi karena keterbatasan biaya, LPDP hadir mewujudkan impian saya menjadi kenyataan; tidak hanya memberikan saya kesempatan melanjutkan studi ke luar negeri, tapi juga memberikan kesempatan yang lebih besar untuk mengadi bagi bangsa ini. Beasiswa LPDP telah men-transformasi banyak hal dalam kehidupan saya. Terima kasih LPDP.

Zainul Yasni
Master in Educational Leadership, Queen's University Belfast

Beasiswa Pendidikan Indonesia dari LPDP telah membuka jalan bagi saya untuk melanjutkan jenjang pendidikan S2, meraih prestasi-prestasi akademik tingkat nasional dan internasional serta menjadi jembatan untuk meniti karir yang lebih baik di masa depan. Saya bersyukur telah menjadi penerima beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP Jaya!

Triana
Magister Manajemen, Universitas Gadjah Mada

Menjadi penerima beasiswa LPDP adalah nikmat Allah yang begitu besar bagi saya. Selama 2 tahun menjalani studi, LPDP membukakan kesempatan untuk mengakselerasi diri terkait kapasitas akademik, kepemimpinan, kontribusi sosial serta akses jejaring dengan intelektual-intelektual muda Indonesia. Terimakasih LPDP, jasamu abadi!

Taofik
Magister Perencanaan Kepariwisataan, Institut Teknologi Bandung

LPDP adalah pelita yang membuka citra diriku di depan cermin yang hampir suram ditelan kegelapan. Saat aku punya mimpi namun tak sanggup dikejar, saat aku punya harapan yang sulit untuk digapai, saat itulah LPDP hadir membuka mata hatiku bahwa mimpi dan harapan selalu ada jika langkah kaki tak berhenti berjuang, karena pejuang sejati adalah pemenang di setiap pertandingan.
Trimakasih LPDP

Leonardo Letelay
Magister Ilmu Kimia, Universitas Padjajaran

LPDP bukan hanya soal pendidikan, tapi juga pengabdian. LPDP membuka lebar jalan tak hanya untuk berprestasi, tapi juga mengabdi. Suatu wujud kepercayaan sekaligus harapan bangsa kepada generasi-generasi terbaiknya. Sebuah kesempatan emas bagi kita untuk memaksimalkan potensi diri dan menebar lebih luas manfaat untuk sesama. Sungguh bangga menjadi bagian dari keluarga Awardee! Terima kasih LPDP

Isma Dwi Kurniawan
Magister Ilmu Biologi, Universitas Gadjah Mada