Tutor Goes to School, Menularkan Semangat, Menebar Manfaat

Penulis: Diva Oktaviani (Awardee LPDP Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI)

Setelah terlaksananya Rapat Kerja Kelurahan 4.0, para anggota divisi komunitas Awardee LPDP UPI mulai melaksanakan program divisi masing-masing. Salah satu program yang telah sukses digelar adalah Tutor goes to school yang diselenggarakan oleh divisi Pengabdian pada Masyarakat (P2M), pada tanggal 24 Maret 2018. Program pengabdian masyarakat ini bertempat di SD Negeri Giri Raharja, Kabupaten Bandung. Para tutor dalam kegiatan ini terdiri dari awardee LPDP yang kuliah di UPI Bandung.

Acara dimulai pada pukul 08.00 yang diawali dengan kata sambutan dari Satrio Aji Pramono selaku Lurah LPDP UPI, kemudian dilanjutkan oleh Ketua Divisi P2M, Rahma Temarwut. Pada kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SD Negeri Giri Raharja, Bapak Kusnadi, M.Pd. juga menyampaikan rasa terimakasih Beliau kepada para Awardee LPDP UPI selaku penyelenggara program, serta kepada majelis guru dan orang tua siswa yang turut serta membantu mensukseskan program Tutor Goes to School.

Setelah acara pembukaan selesai, seluruh siswa dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 dibagi menurut kelasnya masing-masing yang didampingi langsung oleh para tutor untuk menyampaikan beberapa instruksi. Sesuai dengan tema kegiatan, yaitu bermain sambil belajar, siswa-siswa disuguhkan beragam kegiatan, yaitu kelas story telling, kelas bermain (outdoor), kelas belajar origami, English Class, kelas motivasi dan persiapan ujian, kelas minat dan bakat, serta pelatihan upacara bendera. Kegiatan tersebut diharapkan tidak hanya memberikan hiburan kepada para siswa tetapi juga mampu menambah wawasan dan motivasi mereka dalam menuntut ilmu yang nantinya akan bermanfat untuk mereka.

Program Tutor goes to school ini tidak hanya fokus kepada siswa saja, akan tetapi juga kepada para guru. Program untuk guru terdiri dari sosialisasi yang disampaikan oleh para Awardee, yaitu Sosialisasi Kurikulum 2013, Sosialisasi RPP 2013, dan Sosialisasi Tentang Teknologi (power point). Tujuan dari sosialisasi itu sendiri adalah sebagai ajang bertukar pikiran serta memberikan materi-materi yang nantinya dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah baik dari segi kurikulum, rancangan pembelajaran, maupun teknologi sebagai media pendukung guru dalam mengajar di dalam kelas.

Tutor goes to school merupakan satu dari ragam program Kelurahan 4.0. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi orang banyak. Komitmen seluruh anggota Kelurahan 4.0 LPDP UPI adalah terus memberikan sumbangsih kepada bangsa sekecil apapun itu. Karena kontribusi yang kecil namun dilakukan secara berkesinambungan akan tetap terasa dampaknya, mungkin besok, lusa, ataupun beberapa tahun kedepan. Semangat mengabdi!